Langsung ke konten utama

Cepat Akrab dengan Kolega Baru

Pindah kerja berarti saatnya berkenalan dengan teman-teman baru. Memang sebagian orang butuh waktu untuk mengakrabkan diri dengan orang baru. Tetapi jika kamu bisa lebih cepat berbaur, tentu urusan kerja jadi lebih lancar dan bikin kamu lebih betah di kantor baru.

Sapa lebih dulu
Di hari pertama, biasanya kamu akan diperkenalkan pada rekan-rekan baru di kantor. Mungkin saat itu kamu tidak langsung bisa mengingat nama semua orang, tetapi cobalah untuk mengingat wajahnya. Keesokkan harinya, bersikaplah ramah dengan menyapa mereka lebih dulu, atau paling tidak, bertukar senyum. Buka pembicaraan dengan menanyakan pertanyaan yang jawabannya bukan ‘ya’ atau ‘tidak’, misalnya, “dimana kamu beli blazer yang keren itu?”, hobi, atau keluarga agar pembicaraan bisa berkembang.

Makan siang bareng
Langsung terima jika teman-temanmu mengajak makan siang bersama. Bahkan meskipun kamu sudah membawa bekal sendiri dari rumah, sambutlah ajakan mereka dengan tetap ikut ke tempat teman-temanmu makan. Mungkin di kantor kalian tidak terlalu banyak mengobrol karena sibuk dengan pekerjaan masing-masing, tetapi jam makan siang adalah waktu yang tepat untuk menciptakan pertemanan baru. Saat jam makan siang, kamu juga bisa memperoleh informasi penting seperti gosip-gosip di kantor.

Berinisiatif
Tidak ada salahnya menawarkan sedikit bantuan untuk rekan kerja. Bukan berarti kamu harus menyelesaikan pekerjaan orang lain, tetapi kamu bisa bertanya apakah ada hal yang bisa kamu bantu. Tentunya setelah pekerjaanmu sendiri selesai. Kamu juga bisa menawarkan camilan yang kamu bawa dari rumah. Intinya, berinisiatiflah lebih dulu. Lakukan semua dengan tulus dan jangan sampai membebani dirimu ya.

Menjadi Observer
Beberapa minggu pertama, mungkin tidak mudah membaca karakter para rekan kerja. Gunakanlah momen-momen bersama seperti jam makan siang atau meeting, untuk menjadi observer. Perhatikan bahasa-bahasa pergaulan yang digunakan antar teman di kantor, cara bekerja, atau minat spesifik setiap orang. Setelah satu bulan, kamu sudah mulai memahami karakter setiap orang dan perilaku mereka di kantor (si tukang gosip, pegawai teladan, si baik hati, dan sebagainya). Saat itulah kamu bisa mengakrabkan diri kepada orang yang kamu nilai paling cocok denganmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membersihkan dan Merawat Kulit

Tinggal di daerah tropis dengan sinar matahari terik dan tingkat polusi udara yang cukup tinggi, memang bisa membuat kulit wajah kita cepat kusam dan menggelap. Untuk itu memang kita harus lebih siap merawat kulit wajah sejak masih remaja. Yuk ikuti tips berikut ini supaya wajah kamu senantiasa cerah dan bersinar : Jangan memakai produk perawatan kulit yang terlalu berat untuk kulit remajamu. Biarlah kulitmu melakukan regenerasi sel secara alami tanpa terlalu banyak terpapar zat kimia. Sebaiknya pakailah produk yang diformulasikan khusus untuk kulit remaja seperti rangkaian produk Marina. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat, perbanyak air dan kurangi asupan garam karena bisa membuat jaringan kulit jadi kering dan kisut. Sebelum keluar rumah, pastikan wajahmu terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari. Kamu bisa gunakan krim dengan SPF yang cukup sebelum memakai bedak dan make up. Pilihlah tekstur yang ringan dan mudah menyerap sehingga wajahmu tetap terasa nyaman. Wajah y

Beberapa Hal yang Bantu Kamu Fokus Kerja

Beberapa hal di bawah ini akan membantumu fokus kerja di kantor! Buat to do list Walaupun klasik, namun mencatat hal-hal yang harus kamu lakukan dalam satu hari adalah cara yang ampuh agar kamu tidak melewatkan tugasmu. Tuliskan daftar tugas, rincian pengerjaan, dan tanggal deadline dengan jelas. Kamu bisa mengunduh aplikasi to do list seperti Wunderlist di gadget-mu. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengakses to do list dimanapun kamu berada sekaligus memberikan notifikasi pengingat tugas. Stationary lucu Meski terkesan sepele, ternyata punya alat tulis yang lengkap dan berdesain lucu bisa menambah semangat kerjamu. Pasti menyebalkan saat kamu ingin mencatat tetapi tidak bisa menemukan pulpen di meja. Agar lebih seru dan tidak membosankan. Kamu bisa menyiapkan alat tulis dengan warna favoritmu. Gunakan Timer Coba gunakan aplikasi ‘Task Timer’ untuk mengatur durasi waktu kerja untuk setiap tugasmu. Misalnya, dalam satu hari kamu mengatur waktu meeting selama 2 jam, men